Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Kimia (KMPK) FMIPA UGM merupakan himpunan mahasiswa jurusan kimia FMIPA UGM yang beranggotakan mahasiswa S2 dan S3. KMPK secara aktif menjangkau mahasiswa magister kimia melalui berbagai program kerja. Salah satu program kerja yang menjadi program pertama yang dikerjakan KMPK 2022 adalah pelantikan, rapat kerja dan upgrading KMPK 2022. Program kerja tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2022 s/d 20 Februari 2022 secara daring melalui platform zoom meeting.  Program kerja tersebut dilaksanakan oleh bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) dan diketuai oleh Cita Sitohang, S.Si beserta 15 orang panitia yang terdiri dari sie acara, sie humas dan dokumentasi, serta sie konsumsi dan peralatan. Tema yang diusung pada program kerja tersebut adalah Mewujudkan KMPK yang Produktif, Responsif, dan Progresif dalam Bingkai Solidaritas”. Program kerja tersebut dilaksanakan agar anggota pengurus baru dapat mengenalkan tujuan, visi, misi, dan program kerja seluruh bidang dalam KMPK FMIPA UGM. Selain itu adalah untuk memberikan motivasi dan arahan kerja kepada seluruh anggota, menyamakan persepsi, dan memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan seluruh pengurus KMPK FMIPA UGM 2022.

Pada tanggal 19 Februari 2022 dilaksanakan kegiatan pelantikan dan rapat kerja yang dimulai pada pukul 08.30 WIB. Pelantikan dan rapat kerja KMPK 2022 dihadiri secara virtual oleh Ketua Departemen Kimia Bapak Dr.rer.nat. Nurul Hidayat Aprilita, S.Si., M.Si, Ketua Prodi Magister Kimia yaitu  Bapak Tri Joko Raharjo, S.Si., M.Si., Ph.D, Pembina KMPK yaitu Ibu Dr.rer.nat. Adhitasari Suratman, S.Si, M.Si., Ketua KMPK FMIPA UGM 2021 yaitu Hanan Rizal Wicaksono S.Si, Perwakilan HMP dan Pengurus KMPK 2022. Prosesi pelantikan yang diawali dengan serah terima jabatan dilakukan secara simbolik dengan penyerahan bendera KMPK oleh ketua KMPK 2021 Hanan Rizal Wicaksono S.Si, kepada ketua KMPK 2022 yaitu Saudara Muhammad Iqbal Qeis, S.Si. ,

Penyerah bendera secara simbolik dari Hanan Rizal Wicaksono S.Si kepada Muhammad Iqbal Qeis, S.Si

Pengurus baru yang dilantik pada periode ini berjumlah 30 orang, terdiri dari 4 orang pengurus inti dan 26 pengurus harian KMPK UGM 2022. Prosesi pelantikan dan ikrar sumpah jabatan dipimpin oleh Bapak Dr.rer.nat. Nurul Hidayat Aprilita, S.Si., M.Si, yang diikuti oleh seluruh pengurus. Sebelum pelantikan, Ketua Prodi Magister Kimia yaitu Bapak Tri Joko Raharjo juga menyampaikan harapan agar seluruh pengurus mampu bekerja sama untuk mengerjakan semua program kerja serta dapat memupuk rasa kekeluargaan. Setelah acar pelantikan, Muhammad Iqbal Qeis, S.Si selaku ketua KMPK 2022 juga menyampaikan pidato singkat dan mengajak seluruh pengurus agar dapat mengerjakan program kerja bersama, meningkatkan solidaritas dan saling membantu. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja oleh pengurus inti dan seluruh bidang KMPK 2022. Acara berlangsung dengan lancar dan diikuti secara aktif oleh pengurus baru serta dilengkapi dengan adanya pertanyaan, masukan dan saran yang membangun dari pengurus KMPK 2021.

Kemudian, pada tanggal 20 Februari 2022 dilaksanakan kegiatan upgrading yang dihadiri seluruh pengurus baru dan perwakilan bidang pengurus KMPK 2021 secara virtual melalui zoom meeting dengan konsep sharing. Seluruh pengurus secara aktif berpendapat dan mengutarakan kendala serta masukan agar dapat bekerja sama sehingga program kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan baik.  Acara ini semakin seru dengan adanya games dan hadiah yang menarik.

Akhirnya seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Semoga anggota pengurus baru dapat mengerjakan program kerja dengan amanah dan mampu memupuk rasa kekeluargaan di antara sesama pengurus KMPK FMIPA UGM 2022.