KMPK Bergerak kali ini melakukan pelatihan pembuatan ecoprint dan pemasarannya di Sentra Kuliner Omah Ayu, RT 02, Padukuhan Daleman, Desa Gilangharjo, Pandak, Kab. Bantul, pada 8 Juli 2023. Program ini merupakan kelanjutan dari KMPK Aksi pada periode kepengurusan sebelumnya. Perbedaan dengan KMPK Aksi pada tahun sebelumnya adalah teknik pembuatan ecoprint-nya. Sebelumnya dilakukan dengan teknik kukus, sedangkan KMPK Bergerak menawarkan teknik pukul ditambah teknik pemasaran digital. KMPK Bergerak dipandu oleh Dr. Kun Sri Budiasih, M.Si pada sesi 1 yang membahas tentang teknik pukul ecoprint dan Khusnul Khotimah, S.Pd pada sesi 2 yang membahas pemasaran digital.

Teknik pukul dinilai lebih mudah, apabila dibandingkan dengan teknik kukus. Sebab hanya mengandalkan palu (dan plastik, apabila diperlukan) untuk membuat motif daun tercetak pada kain. Sedangkan teknik kukus memerlukan alat yang lebih kompleks, mulai dari kompor, panci, kukusan serta proses yang terus diawasi. Warga cukup antusias dalam mengikuti proses pembuatan ecoprint, sebab langkah-langkahnya mudah. Suara palu yang dipukulkan pada permukaan kain terdengar saling beradu.

Sesi kedua mengenai pemasaran digital yang disampaikan oleh Khusnul Khotimah, S.Pd. Materi pemasaran digital yang diberikan masih bersifat umum, meliputi contoh cara pemasaran digital yang umum dilakukan oleh pelaku usaha, platform apa saja yang dapat dipakai dan certia sukses dari pemasaran digital yang ada serta dialami oleh pembicara. Materi pemasaran digital ini tergolong baru dan memang perlu waktu untuk dapat mencapai sukses dalam pemasaran digital ini.

Acara ini mendapat tanggapan yang baik dari warga, karena kesinambungan dengan tahun sebelumnya dan tambahan pengetahuan tentang pemasaran digital yang sudah menjadi hal yang umum. Berikut ini rekaman video pembuatan selama acara.

Video rekaman pelaksanaan acara

Desa Gilangharjo pun juga mendokumentasikannya dengan baik.

Video dokumentasi dari Kalurahan Gilangharjo

Jangan lupa like, share dan subscribe channe