Departemen Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dengan The School of Chemical Sciences Universiti Sains Malaysia (USM), kembali mengadakan kegiatan The 4th International Conference on Chemical Sciences (ICCS), guna memfasilitasi para peneliti dalam mempresentasikan hasil penelitian dan temuan terkini di bidang sains terutama kimia. ICCS yang mengusung tema “ADVANCING INNOVATION IN CHEMICAL SCIENCES FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT IN COVID-19 ERA” ini telah dilaksanakan secara daring, pada 29-30 November 2021. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh ketua panitia ICCS 2021 (Drs. Roto, M.Eng, Ph.D), Kepala School of Chemical Sciences, USM (Prof. Dr. Rohana Adnan), Rektor UGM (Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng) dan Dekan FMIPA UGM (Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana, M. Si).

Beberapa pembicara dari berbagai negara telah memaparkan hasil penelitian mereka pada acara ini, diantaranya Prof. Drs. Sri Juari Santosa, M.Eng., Ph.D ( UGM, Indonesia), Prof. Oo Chuan Wei (USM, Malaysia), Prof. Yuichi Kamiya (Hokkaido University, Jepang), dan Prof. Pranut Protiyaraj, Ph.D. (Chulalongkorn University, Thailand) sebagai keynote speaker serta Drs. Bambang Purwono, M.Sc., Ph.D. (UGM, Indonesia), Dr.rer.nat. Anna Artati, M.Sc., M.Si.(Hemholtz Zentrum Munchen, Jerman), Prof. Young Gun Ko (Yeungnam University, Korea Selatan) dan Assoc. Prof. Judeh Zaher (NTU, Singapura) sebagai invited speaker.

Tercatat 53 presenter dari beberapa negara telah berkontribusi dalam kegiatan ini setelah adanya proses seleksi yang dilakukan oleh panitia ICCS 2021. Adapun bidang penelitian yang dipaparkan oleh setiap presenter meliputi:

  1. Inorganic and Material Chemistry
  2. Organic and Biological Chemistry
  3. Theoretical and Computational Chemistry
  4. Analytical and Environmental Chemistry
  5. Physical and Industrial Chemistry

Kegiatan ini disponsori oleh: Scientific.Net (Trans Tech Publisher), Indonesia Natural Dye Institute (INDI) LPPT UGM, Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM, dan Himpunan Kimia Indonesia (HKI). Paper yang diterima dan lolos review akan diterbitkan pada Scientific.Net (Trans Tech Publisher) yang terindeks di SCOPUS.