Dalam rangka memperingati Dies Natalis Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Kimia (KMPK) Universitas Gadjah Mada Ke-IX, KMPK menyelenggarakan serangkaian Webinar Nasional dengan judul Semangat Produktif Era New Normal dengan tujuan sebagai salah satu sarana belajar dan peningkatan kapasitas diri agar menjadi pribadi yang lebih produktif di era new normal, serta membangun jiwa kewirausahaan bagi setiap anggota KMPK. Adapun kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu 24-25 April 2021 via online melalui Zoom Meeting. Serangkaian webinar tersebur merupakan kolaborasi antara bidang pendidikan dan keilmuan dan bidang kewirausahaan KMPK yang diketuai oleh Stephanus Satria Wira Waskitha, S.Si.

            Webinar hari ke-1 mengusung tema potensi nanomaterial dalam penanganan Covid-19. Webinar ini menghadirkan 2 narasumber yang expert di bidang nanomaterial yaitu Prof. Dr.rer.nat Karna Wijaya, M.Eng, salah satu Professor dari Departemen Kimia Universitas Gadjah Mada, dan Teguh Endah Saraswati, M.Sc.,Ph.D., salah satu dosen dari Universitas Sebelas Maret. Dalam penyampaian materi, kedua narasumber dipandu oleh seorang moderator yang merupakan mahasiswa pascasarjana kimia Universitas Gadjah Mada yaitu Maharani Ciptaningrum, S.Si. Acara ini mengundang antusiasme tinggi dari mahasiswa dan masyarakat umum seluruh Indonesia dengan total peserta yang mendaftar adalah 258 orang.

            Prof. Dr.rer.nat Karna Wijaya, M.Eng sebagai pembicara 1 mengupas materi mulai dari sejarah nanomaterial, jenis-jenis nanomaterial, metode sintesis nanomaterial dan aplikasi nanomaterial terutama dalam bidang medis khususnya untuk penanganan Covid-19. Beberapa penerapan nanomaterial dalam penanganan Covid-19 antara lain nanomaterial sebagai bahan penyusun face mask, nanopartikel dalam drug delivery system, nanoparticle for antivira agent. Kemudian, ibu Teguh Endah Saraswati, M.Sc., Ph.D., sebagai narasumber 2 menjelaskan tentang nanomaterial yang difokuskan dalam carbon based dan magnetic nanomaterial. Kedua material tersebut dapat berperan dalam menangani Covid-19 sebagai antiviral dapat juga diaplikasikan dalam pembuatan biosensor untuk deteksi virus Covid-19.

Webinar ini juga ditayangkan secara langsung melalui akun youtube KMPK UGM sehingga bagi peserta yang tidak dapat menyaksikan di zoom meeting atau tidak hadir saat acara berlangsung dapat menyaksikan tayangan ulang melalui youtube KMPK UGM.