Rasa kekeluargaan diharapkan muncul dengan sendirinya ketika KMPK mencoba mempertemukan mahasiswa Kimia angkatan 2015, 2016 dan 2017 serta alumni. Hubungan antar masyarakat kampus sedari awal sangat perlu dijalin satu dengan lainnya.  Karena semuanya akan saling membutuhkan dan akhirnya timbul rasa bergantung. Melaksanakan program kerja Malam Keakraban (MAKRAB) tahun ini mengusung tema, AKU KAMU MENJADI KITA DALAM KIMIA. Rangkaian acara ini berlangsung selama dua hari, 19-20 Agustus 2017 mengambil tempat di Kampus MIPA Utara UGM dan Wisma PU Kaliurang. Selain berbagi pengalaman studi, kegiatan ini diharapakan  akan menciptakan suasana akrab dan dekat sebagai teman seperjuangan.

Dalam wanacara singkat Kominfo KMPK dengan Ketua Panitia MAKRAB, Saudari Oliv mengatakan bahwa persiapan kegiatan MAKRAB dilakukan sekitar Bulan Mei. “Kami sengaja melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum kegiatan. Karena ada jeda libur panjang, maka kami optimalkan persiapan sebelum masa liburan” tambah Oliv kepada Kominfo KMPK.

Panitia MAKRAB tahun 2017 merancang berbagai agenda kegiatan yang menarik untuk diikuti selama 2 hari. Dari pengenalan beasiswa BU, LPDP Thesis, PARE dan Yamagata, yang bisa diperoleh selama perkuliahan, pengenalan Program S2 Kimia dan masing-masing minat studi di lingkup Departemen Kimia. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi S2 Ilmu Kimia Dr. Roto dan Dr. Indriana K. Sedangkan pengenalan masing-masing minat studi diwakili oleh dosen tiap minat, minat Anorganik diwakili oleh Bu Eko, Analitik Bu Endang, Organik Prof Jumina, Fisik Bu Wega, Lingkungan Pak Dwi.

Untuk kegiatan malam, oleh panitia dirancang khusus untuk merekatkan dan meningkatkan komunikasi antar peserta. Pada malam hari peserta diberikan waktu untuk berkumpul berdasarkan minat masing-masing sekaligus untuk memilih ketua minat dan mengajukan kandidat ketua angkatan. Tentu saja sebagai pelaksana, KMPK juga mengisi waktu malam hari guna mengenalkan program-program kerja strategis apa saja yang menjadi unggulan selama periode kepengurusan dan sebagai acara penutup malam diadakan Api Unggun dan Talent Show. Peserta terlihat sangat antusias untuk mengikuti puncak acara malam, berbagai jenis seni peserta coba untuk persembahkan mulai dari paduan suara, drama, kabaret, musikalisasi puisi, dan special performence dari panitia Baby Shark Dance.

Kesan yang mendalam dari kegiatan ini diungkapkan oleh salah satu mahasiswa baru, Nur Huda. Dalam sebuah perbincangan singkat dengan Tim Kominfo Huda menuturkan bahwa kegiatan semacam ini bisa dijadikan ajang untuk mencari teman dan pengalaman yang baru. “Acaranya asyik, bisa kenal dengan lebih banyak teman baru” tutur Huda kepada Tim Kominfo KMPK. Hal senada juga dilontarkan oleh Hijir, “seru, dapet pengalaman baru, banyak games, yang jelas bisa ngumpul bareng itu bikin seru.”

Pada acara puncak diadakan pembagian bank soal, pertukaran kado antar peserta dan pemilihan ketua angkatan dan dalam hal ini saudara Aslan dari minat lingkungan terpilih sebagai ketua angkatan. Semoga ketua angkatan terpilih bisa menjaga keseimbangan komunikasi mahasiswa antar minat satu angkatan dan menjalin silaturahim dengan angkatan lain. Karena tujuan utama kegiatan ini adalah mengakrabkan semua keluarga besar Pascakimia FMIPA UGM.

 

Dalam keluarga tidak ada senioritas satu terhadap yang lain, itulah alasan mengapa AKU KAMU MENJADI KITA DALAM KIMIA.

SELAMAT BERGABUNG MENJADI KELUARGA BESAR PASCASARJANA KIMIA FMIPA UGM