Rangkaian dies natalis Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Kimia (KMPK) FMIPA UGM yang ke-6, dirangkai dengan beberapa kegiatan utama, selain ada sepeda santai, ada juga donor darah. Aksi sosial ini adalah salah satu agenda kegiatan sosial KMPK FMIPA UGM. Kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada Selasa 1 April 2017 ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman. Dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB, peserta donor darah tidak hanya bersasal dari mahasiswa FMIPA, tetapi juga bersal dari berbagai Fakultas di lingkungan UGM berbondong-bondong menuju mobil PMI, yang diparkir di FMIPA. Beberapa lokasi strategis menuju FMIPA sengaja dipasang petunjuk arah menuju lokasi Donor darah, Mobil PMI. Hal ini agar memudahkan calon pendonor yang belum mengetahui adanya kegiatan donor darah hari itu. “Saya merasa terbantu dengan adanya petunjuk jalan tersebut, yang awalnya tidak mengetahui akan adanya donor darah di FMIPA” kata salah salah satu Peserta donor darah yang tidakmau disebutkan namanya.

Para calon pendonor, diperiksa terlebih dahulu oleh petugas dari PMI untuk mengetahui kesehatan mereka sebelum dilakukan pengambilan darah. Hanya beberapa dari calon pendonor yang berhasil mendonorkan darah mereka. Bagi teman-teman yang belum berhasil, bisa dipersiapkan satu minggu sebelumnya ya. Mulai menkonsumsi makanan-makanan mengandung zat besi, bayam misalnya; jangan begadang, tidak mengkonsumsi obat 3 hari sebelum donor, dan tidak haid bagi para wanita.

Pengurus KMPK FMIPA UGM juga menyediakan photobooth bagi para pendonor yang hadir hari itu. Jumlah pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya tercatat sebanyak 34, dan beberapa yang lain tidak berhasil karena tidak memenuhi syarat kesehatan. Manfaat donor darah sangat beragam, yang pasti untuk kesehatan pendonor. Manfaat kesehatan yang lain misalnya pendonor akan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dalam American Journal of Epidemiology, bahwa pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih rendah terkena serangan jantung dan 33% lebih rendah kemungkinan menderita semua jenis penyakit kardiovaskular. Bila seseorang mendonorkan darahnya, tubuhnya akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor, dan semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel-sel darah merah yang baru. Proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif.

Mau sehat? Donor Darah Mulai Sekarang!