Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Kimia (KMPK) bidang Media & Komunikasi 2019 mengadakan Pelatihan Desain Grafis pada Sabtu (23/02) lalu. Pelatihan Desain Grafis yang mengusung tema “Design Your Dreams, Share Your Inspiration” ini diadakan di Gedung S2/S3 Ruang 126. Menurut Bonusa Nabila Huda, S.Si., Ketua Panitia Pelatihan Desain Grafis, pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa pascasarjana kimia memiliki sotfskill terkait desain grafis sehingga saat terdapat keperluan seperti ppt, publikasi, dan lain-lain, desain yang disajikan lebih menarik. Pelatihan ini dihadiri 25 peserta yang terdiri dari mahasiswa pascasarjana kimia angkatan 2018 dan anggota KMPK.

 

Materi pelatihan desain menggunakan aplikasi Corel Draw disampaikan oleh Gilang Tirta Kurnia yang merupakan mahasiswa Prodi Desain Produk Institut Seni Indonesia Yogyakarta sekaligus Head of Graphic Design Team Program Televisi “Jurnal Museum” ISI Yogyakarta 2018-2019 dan telah berpengalaman dibidangnya. Bonusa menuturkan penggunaan aplikasi Corel Draw dalam pelatihan tersebut karena Corel Draw merupakan aplikasi yang relatif lebih disukai untuk mendesain gambar dengan berbasis vektor.
Ketua KMPK periode 2019, M. Badrul Huda, S.Si., menuturkan pelatihan desain grafis yang diadakan menarik karena praktik desain dilakukan lebih dominan dibandingkan materi yang diberikan sehingga sangat membantu peserta yang masih awan dengan aplikasi Corel Draw. Selain itu, menurut Dayu Yunita, S.Si., salah satu peserta pelatihan, secara keseluruhan acara pelatihan sudah bagus dengan materi dan pemateri yang juga bagus sehingga peserta yang belum pernah menggunakan aplikasi Corel Draw benar-benar memperoleh ilmu dari pelatihan tersebut. Dayu juga berharap ke depannya panitia mengecek kembali ruangan terkait dengan pemadaman listrik dari PLN.

 


“Harapannya setelah acara Pelatihan Desain Grafis ini tetap ada forum diskusi sehingga teman-teman yang masih bingung bisa bertanya ke pemateri”, ungkap Badrul.