Sejak awal kepengurusan KMPK telah banyak muncul pertanyaan, “di MIPA ini ada organisasi mahasiswa pascasarjana yang lain juga ga sih ?”, “kira-kira program kerjanya kek gimana ya ?”. KMPK, di usianya yang ke-6 tahun ini, menginisiasi pertemuan dengan himpunan mahasiswa pascsarjana lainnya di FMIPA UGM. Acara yang dilaksanakan  pada Rabu, 17 Mei 2017 mengundang Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Matematika (HIMPASTIKA) dan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komputer (HIMPASIKOM).

Sentilan pembuka dilontarkan oleh saudara Murdiah (Koordinator Bidang KOMINFO) selaku pemandu acara kepada peserta dengan sebuah ungkapan singkat, “kita seatap namun tak pernah saling tatap”. Sejauh ini organisasi mahasiswa pascasarjana di lingkungan FMIPA UGM belum pernah mengadakan agenda kerja bersama. Maka dari langkah awal ini diharapkan ketiga organisasi tersebut memiliki gambaran pada ranah mana kolaborasi dapat dibangun kedepannya.

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh Ketua KMPK, dalam sambutannya sekaligus membuka acara, L.M Sadam Ala’raf mengharapkan ada bagian-bagian kolaborasi yang bisa dibangun pada masa-masa yang akan datang. “Dengan sharing program kerja ini kami mengharapkan kita dapat memetik inspirasi dari program kerja organisasi yang satu dan meningkatkan kerjasama untuk program-program kerja potensial yang lainnya” ungkap Sadam pada sambutannya.

Pengenalan KMPK dan penyampaian program kerjanya disampaikan oleh wakil ketua KMPK, saudara Fahri. Sedangkan pengenalan HIMPASTIKA diisi langsung oleh ketuanya sendiri yaitu Mas Yoga dan penyampaian program kerja disampaikan oleh Mas Randy. Rekan-rekan HIMPASIKOM yang menjadi pembicara terakhir diwakilkan oleh Mas Fuad Fauzi selaku wakil ketua.

 

Secara umum pintu kolaborasi ketiga organisasi tersebut terbuka lebar untuk beberapa program kerja  seperti, pelatihan penulisan jurnal, kegiatan olahraga dan bhakti sosial. Telah disepakati bersama juga bahwa informasi-informasi penting tiap organisasi bisa di-share satu dengan yang lainnya dalam rangka membangun komunikasi dan jalinan kerjasama yang lebih erat lagi.